Jumat, 04 Maret 2016

Transformation for Mathematics (Transformatics) Himatika Unisba




Matematika seringkali dianggap kurang aplikatif dalam kehidupan sehari-hari selain dalam bidang ekonomi atau urusan hitung menghitung dalam transaksi jual beli. Tidak sedikit pula siswa sekolah yang kurang menyukai pelajaran matematika karena sulit dipahami dan menganggap terlalu banyak rumus yang harus diingat. Padahal, matematika banyak dan luas sekali manfaat serta jangkauannya. Untuk mengubah pandangan masyarakat tentang matematika, kami, Himatika Unisba, mengadakan seminar dalam rangka memperkenalkan dan memberikan wawasan baru mengenai matematika dengan cara yang berbeda.

Seminar tersebut dikemas dengan sedemikian rupa dan dinamakan Transformation for Mathematics atau disingkat Transformatics. Transformatics Himatika Unisba telah dilaksanakan sebanyak tiga kali dan tahun ini merupakan tahun ke-empat Transformatics diadakan.

Setiap tahunnya, seminar Transformatics selalu mengangkat topik menarik yang masyarakat pada umumnya tidak menyangka bahwa ilmu mengenai topik tersebut berhubungan langsung dengan ilmu matematika. Topik-topik tersebut yang pernah diulas antara lain mengenai entrepreneur “Don’t Just the Dream of, Do and be Entrepreneurship” pada Transformatics I, investasi “Investigasi Investasi” pada Transformatics II, korupsi “Qualitative Explanation of Corruption from Mathematical View” pada Transformatics III, dan Transformatics IV tahun ini akan membahas mengenai kaitan ilmu matematika dan ilmu seni dengan tema “Misteri di Balik Fraktal”.

Ada yang berbeda dengan Transformatics IV! Untuk memberikan wadah bagi adik-adik SMA/sederajat yang ingin menyalurkan minat dan memiliki hobi basket, tahun ini, Transformatics juga menyelenggarakan kompetisi basket antar-SMA/sederajat se-Bandung Raya. Jadi, untuk adik-adik SMA/sederajat di kota Bandung, kabupaten Bandung, Cimahi dan sekitarnya, ayo! Jangan sampai ketinggalan ikut kompetisinya juga, ya! ;)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar